Wednesday, June 1, 2016

Pertimbangan Sebelum Memilih Perguruan Tinggi Swasta


Para pelajar SMA maupun SMK yang baru saja lulus dari sekolahnya akan langsung berbondong-bondong untuk memilih perguruan tinggi. Dan pasti mereka lebih menginginkan masuk ke perguruan tinggi negeri dibandingkan dengan swasta. Mengapa begitu? Karena mereka menganggap PTN jauh lebih baik dan biaya lebih murah. Mereka akan melakukan berbagai cara untuk dapat masuk ke PTN, seperti dengan asal memilih jurusan karena mereka beranggapan “yang penting bisa masuk PTN”.  Daripada kita harus asal-asalan memilih jurusan dan yang penting bisa masuk ke PTN, mengapa kita tidak mencari perguruan tinggi yang memiliki jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat kita. Yang harus di ingat adalah untuk bisa sukses kita tidak harus kuliah di PTN, karena kita bisa juga menjadi orang sukses meskipun kuliah di perguruan tinggi swasta (PTS).
Ketika harus memilih untuk kuliah di PTS, ada banyak hal yang harus kita pertimbangkan sebelum memilih PTS yang tepat dan terbaik untuk kita. Berikut beberapa hal yang bisa kita jadikan pertimbangan dalam memilih PTS :

1) Nama PTS 
Kita tahu betul jumlah PTS jauh lebih banyak dibandingkan dengan PTN. Hal itu membuat kita kebingungan harus memilih PTS mana. Kita bisa memilih PTS ternama karena semakin terkenal PTS tersebut maka semakin besar pula peluang untuk diterima di instasi-instasi keinginan kita dn dapat bersaing dengan lulusan PTN . Semakin terkenal PTS tersebut maka semakin tinggi pula ranking PTS tersebut di Indonesia. Cara mengetahui peringkat PTS tersebut dapat kamu lihat atau cari di website. 

2) Usia PTS
Faktor usia patut dipertimbangkan. Mengapa demikian? Karena jika perguruan tinggi tersebut telah berusia cukup lama, apalagi lebih dari 10 tahun, dan masih berdiri hingga kini. Hal itu menunjukan bahwa perguruan tinggi tersebut telah memiliki reputasi yang cukup bagus, baik di mata masyarakat maupun pasar kerja.Untuk mengetahuinya,  kita bisa mengunjungi situs resminya di internet. 

3) Akreditasi PTS dan Akreditasi Jurusan
Aspek utama yang perlu dicek calon mahasiswa baru dalam memilih kampus swasta adalah akreditasi. Pilihlah perguruan tinggi swasta yang memang sudah terakreditasi oleh BAN PT dan kita patut mempertimbangkan ulang jika ternyata perguruan tinggi swasta yang akan kita pilih belum terakreditasi.Mengapa demikian? Karena semakin bagus akreditasi suatu Perguruan Tinggi (PT), maka semakin bagus kualitas akademik di PT itu.  Jika suatu PTS sudah mendapat nilai akreditasi maka PT tersebut sudah mencakup semua kebutuhan calon mahasiswanya, seperti sudah adanya kecukupan jumlah dosen yang sesuai dengan perbandingan jumlah  mahasiswa, fasititas kuliah yang memadai dan berbagai faktor lainnya.
Jika terdapat PTS 1 dengan akreditasi A, tetapi dengan biaya kuliah yang cukup tinggi berbanding terbalik dengan PT2 dengan akreditasi B, tetapi dengan biaya kuliah yang cukup murah. Maka, banyak yang akan memilih PTS1 karenatelah memiliki akreditasi A maka kita dapat mengetahui baahwa kualitas akademik di PTS tersebut pasti bagus.  Kita patut mempertimbangkan ulang jika ternyata perguruan tinggi swasta yang akan kita pilih belum terakreditasi.Walau PTS sudah terakreditasi baik, belum tentu jurusan di PTS tersebut juga bagus. Maka, kamu sekalian harus benar-benar jeli untuk memilih jurusan di PT tersebut. Apalagi PTS tersebut sedang berkembang, maka kemungkinan masih banyak jurusan yang berakreditasi cukup. Kamu juga harus mempertimbangkan kemampuan diri sendiri, bisa dengan cara melihat nilai UN walaupun itu bukan sebuah patokan, atau bisa juga melihat hobi. Karena apabila kita melanjutkan studi dan sesuai dengan hobi kita, maka kita akan merasa enjoy dan kemungkinan besar akan mendapatkan hasil yang sangat memuaskan.

4) Finansial
Ini yang paling mempengaruhi PTS apa yang kita pilih dan menjadi salah satu penghambat dalam melanjutkan studi. Jika sudah mengikuti SNMPTN dan SBMPTN maupun UMPTN tetapi tetap saja belum juga lolos ke PTN, maka PTS bisa membantumu untuk tetap bisa melanjutkan studimu.
Bila kita sudah mendapatkan PTS yang akan kita tuju dan juga jurusan yang sesuai dengan angan-angan kita, hal inipun harus diperhatikan. PTS tersebut terkenal dan mempunyai akreditas bagus, tetapi dengan biayanya terlalu melambung tinggi. Lebih baik kita berpikir ulang untuk kuliah di PTS tersebut, karena masih banyak PTS dengan jurusan yang sesuai harapan dan akreditasi menjanjikan tapi dengan biaya yang masih terjangkau.
Tapi ada cara lain agar kita bisa tetap kuliah tetapi justru diberi uang saku oleh PT tujjuan kita. Apakah itu? Nah.. kita bisa memilih mengikuti jalur prestasi, beasiswa maupun bidikmisi. Dengan mengikuti jalur-jalur tersebut, kita masih bisa menggapai kuliah dengan biaya murah bahkan gratis. Tetapi jangan langsung tergiur dengan PTS yang menawarkan biaya kuliah murah bahkan gratis, lihat dulu bagaimana akreditasi PTS tersebut dan cobalah cari tahu lebih banyak tentang PTS tersebut. 

5) Kelengkapan Program Pendidikan
Pertimbangan ini penting sebab di zaman sekarang, seorang fresh graduate akan sangat sulit untuk diterima bekerja jika hanya semata-mata mengandalkan ijazah dan IPK. Ada faktor-faktor lain yang sebenarnya dipertimbangkan oleh banyak perusahan ketika menyleksi calon karyawannya. Faktor-faktor tersebut seperti kemampuan berorganisasi, kemampuan management waktu, kepemimpinan dan integritas moralnya. Maka dari itu, pilihlah perguruan tinggi swasta yang memiliki program pendidikan relatif lengkap bagi mahasiswanya, baik itu sisi hard skill, soft skill maupun moralnya.

6) Lulusan Bermutu
Walaupun kesuksesan suatu lulusan PTS tergantung dari masing-masing usaha individu tersebut, tapi hal ini uga menjadi gambaran bagaimana PTS tersebut. Para calon mahasiswa akan berfikir, banyakkah lulusan PTS tersebut? Bermutukah mereka? Sukseskah mereka? Karena ika banyak lulusan dari PTS tersebut, maka kualitasnya bisa bersaing denga PTN. Bagaimana dengan kualitas lulusan PTS tersebut? Jika kamu lihat lulusannya bermutu, maka tidak salah jika kamu melanjutkan studi di PTS tersebut. Dan jika lulusannya relatif cepat diterima oleh pasar kerja, maka itu berarti perguruan tinggi tersebut memang berkualitas.
Buat apa kuliah di perguruan tinggi keren tapi susah cari kerjanya? Kan begitu.

7) Rekomendasi
Tak cukup hanya mencari informasi langsung datang ke kampus atau membaca di website resmi PTS tersebut. Diperlukan sebuah rekomendasi dalam kita menentukan sebuah pilihan PTS. Calon mahasiswa baru bisa menanyakan informasi tentang PTS tersebut pada orangtua, kakak, saudara, teman ataupun famili tentang reputasi perguruan tinggi yang ingin dipilih. Jika kamu mempunyai kenalan atau kakak kelas yang kuliah d PTS tersebut, kamu bisa menanyakan berbagai hal seputar PTS pilihanmu. Dengan hal itu kamu dapat mempunyai gambaran tentang PTS tersebut dan dapat menentukan pilihan apakah akan mendaftar atau tidak.

8) Lingkungan Sekitar
Yang terakhir yang harus kita perhatikan adalah bagaimana lingkungan sekitar kampus. Beberapa hal yang perlu menjadi perhatian adalah kondisi sosial masyarakat serta keamanan dan kenyamanan di sekitar kampus, apakah transportasi menuju tempat tersebut mudah. Letak kampus yang berada dipinggir jalan yang banyak dilalui angkutan umum akan menjadi pertimbangan  calon mahasiswa baru misalnya seperti letak Sekolah Tinggi Elektronika dan Komputer ( STEKOM ) Semarang yang berada di pinggir jalan raya Majapahit Semarang.

PTS atau PTN itu tujuannya sama yaitu mendidik para mahasiswanya dan bisa mencetak lulusan berkualitas dan siap bersaing di dunia kerja. Jadi, sebelum memilih perguruan tinggi, nilailah bagaimana dirimu, bagaimana kemampuanmu apakah sesuai dengan PTS pilihanmu. Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment