Wednesday, June 1, 2016

Tips dan Trik memilih Perguruan Tinggi agar sukses kuliah

Memilih jurusan kuliah secara tergesa-gesa tanpa memperhitungkan segala aspek akan berakibat fatal. Mulai dari terlambat menyadari bahwa jurusan yang diambil tidak sesuai hingga mengalami putusan drop out. Oleh karena itu pemilihan jurusan harus dipertimbangkan dengan cermat sedini mungkin.



Berikut ini tips  memilih Perguruan Tinggi agar sukses kuliah :

1. Sesuaikan dengan bakat, minat, dan Keinginan(cita-cita)
Bila memiliki cita-cita tertentu, pertimbangkan jurusan apa yang sekiranya dapat membawa Anda meraih profesi atau pekerjaan yang sesuai dengan cita-cita tersebut. Jangan memilih jurusan Teknik Geodesi jika anda ingin menjadi seorang dokter. Atau jangan memilih jurusan Sastra Jawa jika Anda ingin menjadi Fisikawan. Sesuaikan jurusan yang ingin diambil dengan minat dan bakat Anda. Mengembangkan bakat yang ada disertai dengan minat pada suatu jurusan studi akan menjadikan proses kuliah lebih mudah dan nyaman. Anda juga selalu bergairah untuk belajar.
2. Kumpulkan informasi sebanyak mungkin
Carilah informasi terkait dengan program studi yang diinginkan banyak sebagai bahan pertimbangan untuk memilih jurusan. Anda dapat mencari informasi dari banyak sumber seperti orang tua, saudara, guru, teman, bimbel, tetangga, konsultan pendidikan, kakak kelas, teman mahasiswa, profesional, internet, dan lain sebagainya. Jangan mudah terpengaruh dan mempercayai informasi dari orang yang kurang menguasai bidang yang bersangkutan.
3. Pertimbangkan lokasi dan biaya
Bagi orang yang tergolong ekonomi mapan, memilih jurusan apa pun dan tempat kulitah di mana pun mungkin tidak menjadi masalah. Bagi golongan menengah ke bawah, lokasi dan biaya merupakan masalah yang sangat diperhitungkan. Jika dana yang tersedia terbatas maka pilihlah lokasi kuliah yang dekat dengan tempat tinggal atau lokasi luar kota yang memiliki tingkat biaya hidup yang rendah. Pilih juga tempat kuliah/perguruan tinggi yang biaya pendidikan tidak terlalu tinggi. Anda juga bisa berimprovisasi untuk mencari tambahan untuk biaya kuliah, misalnya mencari beasiswa, mengajukan keringanan, melakukan pekerjaan paruh waktu atau pekerjaan lain yang bisa mendatangkan income tetapi tidak mengganggu proses pendidikan Anda selama kuliah. Ingat ini : Jangan jadikan keterbatasan dana sebagai alasan yang menghambat masa depan Anda. Bila mau berusaha, pasti ada jalan.
4. Carilah informasi daya tampung jurusan dan peluang diterima
Carilah informasi daya tampung suatu jurusan di PTN/PTS yang diinginkan. Umumnya PT yang memiliki kuota terbatas dengan kualifikasi bagus akan diperebutkan oleh banyak orang. Jangan membebani diri anda dengan target untuk berkuliah di PT tertentu dengan jurusan tertentu yang favorit. Anda bisa stres karenanya. Buatlah banyak pilihan tempat kuliah beserta jurusannya.
Pertimbangkan juga sejauh mana Anda berpeluang diterima di suatu jurusan favorit. Ini lebih berhubungan dengan kemampuan akademis Anda. Untuk meningkatkan kemampuan ini Anda bisa sejak dini belajar soal-soal seleksi, mengikuti Try Out, ikut bimbel, mengambil les privat, dsb.
5. Masa depan, karir, dan pekerjaan
Bayangkan ke depan setelah anda lulus nanti. Apakah jurusan yang diambil dapat mengantar Anda mendapatkan pekerjaan dan karir yang baik? Banyak kok sarjana yang saat ini menganggur, dan kelak jangan sampai Anda merupakan salah satu di antara mereka. Rekrutmen perusahaan dalam mencari tenaga kerja tidak hanya melihat seseorang dari latar belakang pendidikan saja, namun juga pengalaman. Tetapi jika Anda memiliki kompetensi, keberanian, dan kemampuan lebih baik daripada kebanyakan orang, maka Anda layak bersaing dan memperoleh pekerjaan yang tepat.
Oleh karena itu saat kuliah nanti Anda bukan hanya wajib untuk menguasai kemampuan akademis semata, tetapi juga wajib untuk mengembangkan skill terkait dan musti membuka mata lebar-lebar untuk mengembangkan wacana profesi.

6.  Akreditasi PTN/PTS dan Akreditasi Jurusan

Aspek utama yang perlu dicek calon mahasiswa baru dalam memilih kampus swasta adalah akreditasi. Pilihlah perguruan tinggi swasta yang memang sudah terakreditasi oleh BAN PT dan kita patut mempertimbangkan ulang jika ternyata perguruan tinggi swasta yang akan kita pilih belum terakreditasi.Mengapa demikian? Karena semakin bagus akreditasi suatu Perguruan Tinggi (PT), maka semakin bagus kualitas akademik di PT itu.  Jika suatu PTS sudah mendapat nilai akreditasi maka PT tersebut sudah mencakup semua kebutuhan calon mahasiswanya, seperti sudah adanya kecukupan jumlah dosen yang sesuai dengan perbandingan jumlah  mahasiswa, fasititas kuliah yang memadai dan berbagai faktor lainnya.
Jika terdapat PTS 1 dengan akreditasi A, tetapi dengan biaya kuliah yang cukup tinggi berbanding terbalik dengan PT2 dengan akreditasi B, tetapi dengan biaya kuliah yang cukup murah. Maka, banyak yang akan memilih PTS1 karenatelah memiliki akreditasi A maka kita dapat mengetahui baahwa kualitas akademik di PTS tersebut pasti bagus.  Kita patut mempertimbangkan ulang jika ternyata perguruan tinggi swasta yang akan kita pilih belum terakreditasi.Walau PTS sudah terakreditasi baik, belum tentu jurusan di PTS tersebut juga bagus. Maka, kamu sekalian harus benar-benar jeli untuk memilih jurusan di PT tersebut. Apalagi PTS tersebut sedang berkembang, maka kemungkinan masih banyak jurusan yang berakreditasi cukup. Kamu juga harus mempertimbangkan kemampuan diri sendiri, bisa dengan cara melihat nilai UN walaupun itu bukan sebuah patokan, atau bisa juga melihat hobi. Karena apabila kita melanjutkan studi dan sesuai dengan hobi kita, maka kita akan merasa enjoy dan kemungkinan besar akan mendapatkan hasil yang sangat memuaskan.

No comments:

Post a Comment